Sat. Dec 7th, 2019

Host your Website

Read and learn

FatCow Web Hosting $1.00/mo* Trust your web hosting to the #1 web host provider, GoDaddy!

Topi Fedora Kesayangan Ciputra Ikut Dikubur di Memorial Park Jonggol

2 min read



Pendiri sekaligus pimpinan Grup Ciputra, Insinyur (Ir) Ciputra baru saja dikebumikan oleh keluarganya di Memorial Park, Citra Indah, Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pantauan Wartakota, Kamis (5/12/2019), prosesi pemakaman Ir Ciputra dimulai pukul 10.30 WIB dengan diawali tiupan terompet oleh petugas pemakaman, yang dilanjutkan dengan tabuhan drum hingga dekat liang lahad.

Jenazah pria akrab disapa Pak Ci itu dibawa menggunakan peti jenazah berwarna cokelat, dengan penutup bendera Ciputra Group berwarna cokelat keemasan.

Sepanjang jalan aspal menuju altar peristirahatan terakhir Ciputra, berdiri sejumlah jajaran direksi dan general manager dari perusahaan yang didirikan Pak Ci.

Terlihat jaran karyawan yang berdiri itu juga melemparkan puket kecil berisikan kelopak bunga berwarna merah dan putih.

Jenazah Pak Ci ditempatkan di pemakamannya pukul 10.33 WIB. Kemudian, dilanjuti oleh nyanyian hymne Pembangunan Jaya, Metropolitan Land, dan Ciputra Grup yang selesai selama berlangsung 30 menit.

Pembawa acara lalu membacakan kisah Ir Ciputra semasa hidupnya dalam meraih keuksesan dan prestasi, sebelum dilanjutkan ke acara ibadah duka dengan dipandu oleh pendeta Ivan Tanuwijaya.

Prosesi pemakaman juga diikuti oleh nyanyian kristiani untuk mengantarkan Ciputra ke peristirahatan terakhirnya. Pada jam 11.05 WIB, jenazah Pak Ci sudah mulai dihantarkan ke liang kubur.

Sebelum diturunkan, jajaran direksi Ciputra Group melipat mengangkat bendera grup perusahaan terlebih dulu yang menempel di peti jenazah tersebut.

Lantaran, bendera coklat kemudaan itu membentang di atas peti Ciputra. Enam orang para direksi Ciputra Grup, yakni Tulus Santoso, Artadinata Djangkar, Agussurja Widjaja, Sutoto Yakobus, Antonius Tanan dan Meiko Handojo mengambilnya.

Kemudian dilanjutkan dengan melipat bendera itu dan menyerahkannya ke Senior Director Ciputra Group Nanik Joeliawati Santoso.

Nanik lantas berjalan ke arah istri Ciputra, Dian Sumeler, untuk menyerahkan bendera tersebut. Istri mendiang duduk di kursi roda, berada di tengah-tengah keempat anak dan menantunya.

Tak hanya itu, proses pemakaman yang menarik lainnya yakni saat anak ketiga Ir Ciputra, Candra Ciputra berjalan mendekati makam dan meletakkan topi berwarna biru gelap, yang biasa dipakai Pak Ci untuk dikubur bersama sang ayah.

Ciputra dikenal memang sangat gemar menggunakan topi fedora semasa hidupnya. Bahkan, saat pergi kemanapun ia tak lupa pula membawa topi kesayangannya itu.

Uniknya lagi terdapat pin bergambar logo Ciputra di tengah-tengah topi itu. Topi fedora biru dongker menjadi tren tersendiri bagi mendiang Ir Ciputra semasa hidupnya.

Terakhir adalah penaburan bunga dan ucapan selamat tinggal yang dilakukan oleh sanak saudara keluarga Ciputra, mulai dari istri, anak, menantu, cucu, cicit hingga tamu undangan. Upacara pemakaman pun berlangsung khusyuk dan tenang.(M20)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.